Jumat, 06 April 2018

Agama Islam (SKU RAMU POIN 4)


ISLAM

  Dalam kesempatan ini penulis hanya memaparkan perintah-perintah atau tugas yang harus dikuasai oleh calon anggota Penggalang Ramu yang memeluk agama Islam.

A.      Dapat Melakukan Mandi Wajib dan Mengerti Penyebabnya
Mandi Wajib dalam agama Islam adalah cara untuk menghilangkan hadats besar, yaitu dengan cara membasuh seluruh tubuh mulai dari atas kepala hingga ujung kaki.
Hal-hal yang menyebabkan/mewajibkan mandi wajib yaitu :
-          Bersetubuh
-          Keluar mani/sperma
-          Mati
-          Haid
-          Nifas (berhentinya darah setelah melahirkan/bersalin biasanya 40 hari setelah melahirkan)
-          Wiladah (habis bersalin/melahirkan).
Rukun mandi ada 2 yaitu Niat dan Membasuh seluruh anggota tubuh.
Adapun tatacara mandi wajib yaitu :
-          Membasuh ke dua tangan
-          Membasuh kemaluan
-          Berwudlhu
-          Mencuci rambut
-          Menyiramkan air ke atas kepala sebanyak 3 kali
-          Mengguyur seluruh badan
-          Membasuh kaki.

B.      Dapat Melakukan Shalat Berjamaah
Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah As’ariyah Sufiyah).
Bagi calon anggota Penggalang Ramu diwajibkan untuk dapat melakukan shalat berjamaan yang lima waktu sehari semalam, baik dia bertindak selaku imam maupun makmum.

C.      Dapat Menghafal 5 Macam Doa Harian dan 5 Macam Surat-Surat Pendek
Bagi calon anggota Penggalang Ramu yang beragama Islam dianjurkan bahkan diharuskan untuk dapat menghafal 5 macam doa harian seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa akan dan bangun tidur, doa akan dan setelah belajar, doa bepergian atau keluar rumah, doa masuk dan keluar jamban, dan doa-doa lainnya yang telah dihafal oleh calon anggota Penggalang Ramu.
Selain doa-doa harian, seorang calon anggota Penggalang Ramu yang beragama Islam diharuskan dapat menghafal 5 macam surat-surat pendek yang terdapat pada ayat Suci Al-Qur’an, seperti surat An-Nas, Al-Falak, Al-Iqlash, Al-Lahab, An-Nasr, Al-Kafirun, Al-Kausar, Al-Maun dan surat-surat lainnya yang telah dihafal oleh seorang calon anggota Penggalang Ramu beragama Islam.

1 komentar: